Pagerank - Backlink - Google

Baru saja (20 Januari 2011) terjadi peristiwa dasyat bagi dunia blogsphare di seantero jagad Maya, yaitu Update Pagerank Google. Kenapa Update PR selalu menjadi peristiwa yang meresahkan para blogger dan webmaster? Karena PR alias Pagerank berarti Prestasi - Prestise dan Pleasure.

PR adalah cara pandang Google terhadap sebuah situs. Semakin tinggi PR sebuah blog/situs, berarti semakin penting blog tersebut dimata google, dan layak mendapatkan prioritas yang lebih (trusted site). Walau hal tersebut tentu saja tidak berkorelasi lurus dengan posisi SERP google. Belum tentu sebuah situs ber PR tinggi pasti menempati posisi terhormat di SERP google dibanding situs yang memiliki PR lebih rendah.

Lalu, apa yang menentukan posisi SERP sebuah situs? setidaknya ada 2 elemen yang saling menguatkan satu sama lain.

Onpage SEO.
Onpage SEO ibarat seperti rumah. Semakin indah sebuah rumah, asri, enak didatangi, rapih, perabotnya tersusun dengan baik dan harmonis, akan membuat tamu betah berlama-lama di rumah kita. Itulah SEO onpage. Bagaimana kita menata situs kita agar google senang bermain, melihat-lihat dan menganalisa serta mengagumi situs kita.

OFF Page SEO.
Offpage SEO saya ibaratkan seperti sebuah jalan yang membawa tamu kita tepat menuju tempat rumah kita itu berada. Semakin banyak pilihan jalan, semakin pendek jalan, semakin mulus jalan, semakin mudah rumah kita di akses oleh tamu kita.

Salah satu faktor penentu Offpage SEO adalah backlink, backlink penulis ibaratkan seperti kendaraan yang membawa tamu kita ke rumah kita. Semakin banyak kendaraan yang bisa di pakai, semakin variatif jenis kendaraan yang ada, akan membuat tamu kita seolah tengah bertamasya ke rumah kita.

Lalu, benarkah backlink itu salah satu penentu Pagerank sebuah Situs? Jawabannya benar backlink adalah salah satu penentu PR sebuah situs. Backlink berkualitas, baik secara Inbound dan Outbound link, dimiliki sebuah Situs yang trusted by Google dan ber Pagerank Tinggi pula, seperti sebuah surat rekomendasi orang yang terpercaya tentang kondisi seseorang. Backlink yang baik akan memberikan efek yang baik bagi situs kita dalam masalah PR maupun posisi SERP.

Backlink yang buruk, layaknya sebuah surat rekomendasi yang berasal dari seseorang yang suka berbohong, tukang bacot, dsb. Mendapatkan backlink dari situs yang sudah dianggap situs Spamming - Malware - Bad Code oleh google, seperti mendapatkan musibah yang sewaktu-waktu akan memukul situs anda.

Backlink trading ternyata membawa efek kurang baik terhadap PR maupun posisi SERP anda. kita ibaratkan, backlink trading adalah bentuk korupsi dan suap model baru dunia maya di mata google, sehingga seolah yang melakukan backlink trading adalah seseorang yang menyuap orang lain untuk memberikan rekomendasi bohong kepada google.

Jadi berhati-hatilah mencari Backlink.

Itulah pandangan penulis tentang backlink - PR dan Google. Salah kata penulis hanyalah manusia biasa, yang juga mengalami musibah di tabok Pagerank nya sama google karena tersusupi link sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oke,, Happy commenting di blog dofollow ini, Salam blogger ^_^ !!