Tips dan trick berselancar di dunia maya

  • Gunakan software browser yg nyaman kamu gunakan (rekomendasi: mozilla firefox dan google chrome).
  • Jangan lupa mengaktifkan Anti Virus dan Anti Spyware (Jika perlu aktifkan firewall).
  • Pastikan alamat situs yang tertulis di kotak address sudah benar (Hindari Phising - Phising adalah suatu aktivitas yang menciptakan situs tiruan yg mirip dengan aslinya. Biasanya digunakan untuk mencuri account kita di suatu website)
  • Jika kita ingin login ke suatu account (email, facebook, twitter, dll) dari komputer yg bukan komputer kita sendiri (misalnya: warnet, kantor), biasakanlah menggunakan keyboard virtual untuk mengetikkan password account kita tsb. keyboard virtual pada win XP bisa dijalankan dari menu START - ALL PROGRAMS - ACCESSORIES - ACCESSIBILITY - ON SCREEN KEYBOARD. ini digunakan untuk menghindari pencurian password menggunakan keylogger yg  merekam segala ketikan kita dari keyboard sesungguhnya. Setelah tampilan seperti gambar di bawah ini muncul, anda tinggal click menggunakan mouse huruf/angka sesuai dengan password account anda.


  • Jika ada muncul pesan "REMEMBER PASSWORD" sewaktu kita login ke suatu account, pilihlah "Never for This Site"
  • Jika sudah selesai browsing (menggunakan internet explorer, mozilla, google chrome, dll) bersihkanlah history browser anda. Untuk pengguna mozilla firefox dapat melakukannya dari menu TOOLS - CLEAR RECENT HISTORY (Atau tekan kombinasi tombol pada keyboard CTRL + Shift + Del). Pada kotak "Time Range To Clear" pilihlah "EVERYTHING", kemudian dibagian bawah check list (tandai) semua pilihan, lalu click tombol "CLEAR NOW". Untuk pengguna Google Chrome dapat membersihkannya dari gambar kunci pas di sudut kanan atas disamping gambar bintang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oke,, Happy commenting di blog dofollow ini, Salam blogger ^_^ !!